Ini Dia Penyakit Yang di Sebabkan Oleh Hama Kecoa

Kecoa merupakan hama kotor menjijikkan yang sering masuk ke rumah. Apalagi kondisi rumah yang tidak terawat membuat kecoa semakin tertarik untuk bersarang di dalamnya. Selain itu, tempat sampah yang penuh di rumah juga bisa menjadi sarang dari kecoa. Kecoa bahkan juga bisa datang secara berkoloni terutama saat musim hujan. Hal ini karena kecoa berusaha mencari tempat yang aman dari hujan.

Jika kecoa dibiarkan bersarang di dalam rumah, tentu akan memberikan dampak negatif bagi anggota keluarga. Selain menjijikkan dan menyeramkan, rupanya kecoa juga bisa menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu, perlu diwaspadai berbagai penyakit yang ditularkan oleh kecoa.

Berikut disajikan berbagai jenis penyakit yang ditularkan oleh kecoa yang perlu diketahui :

  1. Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita dimana-mana, termasuk di Indonesia. Tifus disebabkan oleh adanya infeksi bakterial akut yang berasal dari kuman Salmonella typhi. Kebanyakan penderita tifus adalah anak berumur lima sampai sembilan tahun.

Salah satu pegawai dari jasa anti rayap di jakarta pernah terkena tifus. Awalnya dia tidak tahu apa penyebabnya. Ternaya di sebabkan oleh makanan yang terkontaminasi kecoa di tempat konsumen mereka.

  1. Asma

Selama ini asma dikenal sebagai penyakit yang diderita akibat kurangnya kesehatan lingkungan. Mulai dari seringnya menghirup asap, debu dan udara kotor lainnya. Selain udara kotor dari kendaraan bermotor, pabrik juga bisa mengeluarkan udara kotor yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Asma juga bisa disebabkan oleh kecoa. Hal ini karena zat yang terkandung di dalam pengidap asma adalah protein yang sama seperti pada kecoa. Protein tersebut dikeluarkan oleh kecoa pada berbagai tempat yang kemudian secara tidak sadar dihirup oleh manusia.

  1. Tuberkulosa TBC

Penyakit TBC berasal dari penularan melalui udara yang tercemar dengan bakteri Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan oleh penderita TBC saat batuk.

  1. Kolera

Penyakit  kolera merupakan infeksi saluran usus yang bersifat akut dan disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae. Bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh seseorang melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya merupakan salah satu cara agar kecoa tidak datang. Sehingga, bisa mengurangi risiko terkena penyakit yang ditularkan oleh kecoa di atas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *